Tuesday 10 February 2015

E-Book Gratis Swing Make Over


SWING
Java Swing adalah library java yang digunkan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI). Dengan Java Swing kita dapat membuat user interface yang cross platform atau OS independent. Artinya user interface yang kita buat dapat dijalankan pada system operasi apa saja (OS yang suport Java) dengan tampilan yang relative sama. Bahkan kita dapat membuat user interface yang menyerupai Windows XP, Mac OS atau Linux tanpa tergantung dari OS yang kita gunakan. SWING, adalah salah satu bagian dari Java Foundation Classes (JFC). Pada JFC ini juga terdapat fasilitas untuk menambahkan Rich Graphic Functionality.
Mungkin anda bertanya – tanya, apakah penting untuk mengetahui cara menggambar dan mewarnai dalam JPanel untuk membuat aplikasi berbasis Swing
Ya! Tentu saja, saat ini jarang sekali kita temui aplikasi yang memiliki tampilan standar seperti jaman ketika menggunakan windows 98 yang sangat kaku. Saat ini kita perlu membuat aplikasi yang selain powerfull tetapi juga memiliki daya tarik atau memiliki kemewahan dalam desain.
Sebenarnya selain di Jpanel anda juga bisa membuat gambar hampir di semua component swing dengan mengoveride method paintComponent(), baik itu dalam jButton, jLabel ataupun dalam component – component swing lainnya.

      AWT  (Abstract Window Toolkit)
 Program AWT dirancang menggunakan event dan event-handlers. Sebuah event merupakan aksi dari suatu komponen GUI seperti penekanan mouse (mouse clicked) , penggeseran mouse (mouse dragged), penekanan tomboL (key pressed), pemilihan komponen menu dan lain-lain.

Pada postingan kali ini saya mau share E-book gratis Swing Make Over karya EKO KURNIAWAN KHANNEDY, mas Eko ini salah satu penulis referensi buku – buku pemrograman favorit saya.
Kalian bisa download bukunya di http://khannedy.com/buku-java-gratis/
Atau menggunakan link yang saya sediakan di bawah ini :
Jangan lupa jejaknya di comment ya!
Selamat belajar !
Salam coding ;)


No comments:

Post a Comment