Monday 9 February 2015

E-Book Gratis MySQL dan Java Database Connectivity


Apa Itu SQL ?
SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL atau juga sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL dikenalkan pertama kali dalam IBM pada tahun 1970 dan sebuah standar ISO dan ANSII ditetapkan untuk SQL.
Standar ini tidak tergantung pada mesin yang digunakan (IBM, Microsoft atau Oracle). Hampir semua software databasemengenal atau mengerti SQL. Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama.

Terdapat 2 (dua) jenis perintah SQL, yaitu :
1.  DDL atau Data Definition Language
DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini databasedan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain :
ƒ  CREATE
ƒ  ALTER
ƒ  RENAME
ƒ  DROP
2.  DML atau Data Manipulation Language
DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau recorddalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain :
ƒ  SELECT
ƒ  INSERT
ƒ  UPDATE
ƒ  DELETE

Pengelolaan basis data secara fisik tidak dilakukan oleh pemakai secara langsung, tetapi ditangani oleh sebuah Perangkat Lunak yang khusus/spesifik. Perangkat lunak inilah disebut DBMS yang akan menentukan bagaimana data diorganisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali. Ia juga Menerapkan mekanisme pengaman data, pemakaian data secara bersama, pemaksaan keakuratan/konsistensi data, sebagainya. Secara ringkas struktur suatu DBMS dapat dilihat pada Gambar 10.5.



Aplikasi-aplikasi tambahan bersifat opsional (bisa ada dan bisa tidak) dan biasanya terdapat pada DBMS sebagai fungsi tambahan. Sebagai contoh, aplikasi pembuat report(laporan), aplikasi untuk mendisain form, aplikasi untuk membuat diagram atau chart, aplikasi untuk monitoring sistem, dan aplikasiaplikasi lainnya. Ada puluhan bahkan mungkin ratusan perangkat lunak DBMS yang tersedia. Masing-masing dengan spesifikasinya sendiri-sendiri. Mulai dari yang sangat sederhana sampai yang paling kompleks. Pada bagian ini kita akan membahas 5 buah DBMS yang cukup familiar dikalangan pengguna DBMS, yaitu Microsoft Access, MySQL, Microsoft SQL Server, PosgreSQL, dan Oracle.

Di dalam buku ini akan dibahas penggunaan MySQL sebagai DBMS yang akan digunakan untuk pengolahan data, namun jika anda lebih tertarik untuk menggunakan DBMS selain MySQL, anda juga dapat mempraktekkan buku ini karena buku ini sebenernya tidak terlalu bergantung pada DBMS tertentu.

Kalian bisa download bukunya di http://khannedy.com/buku-java-gratis/
atau melalui link hasil upload ulang yang saya sediakan di bawah ini:



No comments:

Post a Comment